Selasa, 10 Januari 2017

Contoh Algoritma Beserta Flowchartnya

Algoritma Cara mencuci pakaian dengan tangan yang benar


  1. Isi ember cuci dengan air bersuhu sesuai petunjuk pada label perawatan baju. Jika Anda mencuci beberapa baju sekaligus, pilihlah suhu air terendah.
  2. Tambahkan deterjen berkualitas pilihan Anda ke dalam air sesuai takaran yang dianjurkan di kemasan deterjen. Aduk-aduk dengan tangan hingga deterjen terlarut sempurna di dalam air.
  3. Masukkan baju satu per satu hingga terendam seluruhnya di bawah permukaan air. Masukkan baju yang ternoda terlebih dulu untuk direndam selama kurang lebih 30 menit. Langkah ini penting untuk mempermudah cara cuci baju dengan tangan selanjutnya, yaitu agar Anda tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk menguceknya.
  4. Kucek lembut cucian dalam air larutan deterjen agar noda terangkat. Hindari mengucek cucian terlalu kuat atau menarik baju ketika menguceknya.
  5. Gunakan sikat cucian yang lembut untuk membersihkan jenis-jenis atau bagian-bagian pakaian yang tidak bisa dikucek, semisal kerah baju kaku dan bra.
  6. Buang air bekas cucian dan isi kembali ember dengan air bersih untuk membilas cucian. Lakukan beberapa kali hingga air perasan jernih tanpa residu deterjen.
  7. Peras cucian dengan meremas-remasnya. Memelintir cucian ketika memeras sebaiknya dihindari pada jenis pakaian apa pun dan berbahan apa pun.
  8. Jemur cucian di udara terbuka agar baju terhindari dari bau apek. Pakaian yang rentan berubah bentuk sebaiknya tidak digantung di tali jemuran atau hanger, melainkan digelar di atas permukaan datar yang bersih. Kibaskan cucian untuk melepas kerutan-kerutan sebelum jemuran.

Flowchart cara mencuci baju dengan tangan yang benar





Algoritma Cara Membuat Nasi Goreng

  1. Siapkan wajan dan tuangkan minyak goreng secukupnya, lalu panaskan api dengan api sedang.
  2. Setelah minyak panas masukan bawang merah, bawang putih dan cabai hingga matang dan menimbulkan bau harum.
  3. Masukan telur dan orak-arik hingga matang.
  4. Masukan nasi putih dan aduk hingga tercampur dengan semua bahan.
  5. Tambah saus tomat, garam, merica hingga semua tercampur rata.
  6. Jika telah tercium bau harum dan sudah matang, angkat nasi dan sajikan di atas piring.
  7. Nasi gorengpun siap untuk dihidangkan.

Flowchart cara membuat nasi goreng


Tidak ada komentar:

Posting Komentar